Merintis sebuah bisnis mandiri di masa depan memang bukanlah perkara yang mudah. Tidak semua orang mempunyai keberanian untuk mengambil langkah ini karena terbatasnya pengetahuan dan tentu saja modal usaha. Tapi taukah anda? Bahwa sebenarnya merencanakan bisnis di masa depan memiliki tips dan trik agar anda dapat segera merencanakannya dari sekarang.

Rasa takut semestinya tidak dijadikan penghalang untuk mencapai tujuan.

Berikut langkah-langkah untuk meminimalisir rasa ketakutan dalam memulai bisnis:

1. Fokus pada skenario terbaik

Anda harus fokus terhadap “skenario” terbaik yang telah Anda pikirkan dan rencanakan. Berhenti membayangkan hal-hal buruk yang mungkin terjadi dalam mencapai tujuan. Jika Anda tetap khawatir maka Anda akan lebih mudah menyerah.Teruslah mencoba sampai Anda mencapai tujuan.

2. Realistis

Mengetahui bahwa setiap tujuan tidak dapat dicapai dengan waktu yang sebentar. Mungkin dibutuhkan waktu yang berbulan-bulan bahkan tahunan sampai Anda melihat hasil yang solid. Jika Anda belum mencapai hasil yang diinginkan dalam bulan-bulan pertama, jangan menyerah dan tetap berusaha.

3. Mendapatkan dukungan

Cari orang-orang yang dapat mendukung Anda dan bisa memberi masukan yang positif untuk Anda. Sebuah support akan membantu Anda lebih bersemangat dalam mencapai tujuan.

4. Rencana

Anda harus memiliki rencana matang. Memiliki rencana yang baik di awal dapat mengurangi stress. Sebuah rencana akan membuat Anda merasa tenang dan membantu Anda lebih fokus pada tujuan.

APA SAJA TIPS UNTUK MEMULAI MERINTIS USAHA DAN MEMBANGUN BISNIS ANDA?

 

• Pilih bidang usaha yang anda minati dan anda tertarik untuk menekuninya.

Apa saja bisa anda pilih karena minat merupakan motivator tangguh anda dalam menghadapi tantangan yang datang selama anda menjalani bisnis tersebut.

• Menabung sebagai modal awal anda memulai bisnis.

Bila anda belum mempunyai cukup uang sebagai modal awal anda merintis usaha maka menabunglah baik dari gaji anda atau menyisihkan paling tidak beberapa persen dari uang yang anda dapat setiap harinya.

• Tetapkan target market atau pangsa pasar anda.

Sebelum memulai merencanakan bisnis apa yang akan anda pilih, maka terlebih dahulu tetapkanlah kepada siapa anda akan menjual produk atau jasa anda. Anda bisa mengamati mereka dari segi usia, jenis kelamin, pendapatan, lokasi, dan apa yang mereka butuhkan. Hal ini sangat penting karena pangsa pasar anda adalah ‘ujung tombak’ bagi kemajuan usaha anda.

• Rencanakan bisnis anda dengan Survey/Riset Pasar dan Rancangan  Bisnis (Business Plan).

Setelah anda menetapkan target market maka lakukanlah survey atau riset tentang apa yang menjadi kebutuhan mereka dan disediakan oleh produk atau jasa yang anda jual. Survey ini juga dapat dilakukan kepada usaha-usaha yang sejenis dengan anda yaitu competitor/pesaing. Karena dengan itu anda bisa memperkirakan apa yang akan menjadi nilai lebih anda dibandingkan dengan kompetitor anda. Hasil survey atau riset yang anda dapatkan juga bisa menjadi dasar bagi Rancangan Bisnis anda kedepannya. Hasil dari survey dan pengamatan biasanya akurat dan anda mendapatkannya dari fakta yang ada di lapangan, sehingga bisa membantu anda menetapkan arah dan tujuan dari bisnis anda, bahkan berguna sebagai dasar pembuatan Proposal Bisnis untuk anda mencari pinjaman modal usaha atau partner usaha bagi bisnis anda.

• Persiapkan bentuk promosi usaha anda kepada target market.

Jika semua tips diatas sudah anda rencanakan dengan matang, maka hal yang tidak kalah penting adalah promosi. Jangan lupa untuk mempertimbangkan cara dan strategi apa yang dapat dilakukan untuk membuat target market anda mengetahui produk atau jasa apa yang anda jual. Promosi yang anda pilih tergantung dari jenis usaha anda serta sesuai dengan situasi dan kondisi target market anda. Pilihlah bentuk promosi yang paling sesuai dengan usaha anda dan budget anda.

 

Jadi, tunggu apalagi?.. rencanakan dan rintis bisnis masa depan anda dari sekarang.

Karena rasa takut hanyalah milik orang-orang yang gagal.

“Action speak louder than words”.. [sebuah tindakan lebih bernilai daripada sekedar kata-kata] =)

“Saya punya selera yg sangat sederhana. Saya selalu puas dengan yg terbaik.” – Oscar Wilde

“Sebuah tujuan tanpa perencanaan adalah hanya mimpi belaka” -Brian Tracy

“Semua hal-hal yg hebat dan membanggakan selalu ditemani oleh tantangan-tantangan yg sulit” – William Bradford